Teknologi

3 Aplikasi Gratis untuk Mengembangkan Bisnis Online

Tidak ada orang yang tidak menyukai sesuatu yang gratis, apalagi jika hal tersebut dapat memberikan keuntungan bagi bisnis yang sedang digeluti. Beberapa perangkat lunak dan aplikasi diciptakan untuk mempermudah pengusaha online dalam menjalankan bisnisnya. Kebanyakan aplikasi memang mengharuskan pebisnis online untuk merogoh kocek yang dalam agar dapat memilikinya. Namun, bukan berarti tidak ada aplikasi gratis yang dapat membantu pengusaha online dalam berbisnis.

Janine Popick, CEO VerticalResponse, menyebutkan tiga jenis aplikasi gratis yang bisa digunakan pengusaha online untuk mengembangkan bisnisnya.

Dudamobile

Perkembangan tipe smartphone yang dibarengi dengan peningkatan jumlah penggunanya memaksa para pebisnis online untuk melebarkan ruang lingkup bisnis, yaitu lewat situs bisnis versi ponsel (mobile site). Jika pemasaran tidak dikembangkan melalui mobile site, dapat dipastikan pengusaha online akan kehilangan prospek bisnis dalam lingkup yang besar. Untuk menciptakan situs bisnis versi ponsel, pebisnis online biasanya merekrut seorang web designer.

Aplikasi Dudamobile memungkinkan pebisnis untuk membuat mobile site situs bisnisnya tanpa menggunakan jasa web designer. Dudamobile memiliki platform yang mempermudah pebisnis online dalam menciptakan tampilan menarik dari mobile site. Tools untuk mengedit tampilan mobile site dalam Dudamobile memungkinkan pebisnis online memiliki mobile site yang memukau hanya dalam hitungan menit.

Wibbitz

Aplikasi Wibbitz menyajikan konten video terkait bisnis pengusaha online. Wibbitz memproduksi video berdasarkan teks yang ada dalam situs atau blog bisnis milik pengusaha online. Pebisnis online hanya tinggal memasukkan URL dari situs atau blog-nya, kemudian Wibbitz akan menganalisa teks dalam situs hingga menghasilkan konten video secara otomatis.

Gambar-gambar dalam situs bisnis tersebut juga akan terlampir dalam video. Bahkan, Wibbitz secara otomatis akan menyesuaikan gambar dengan materi yang sedang ditampilkan dalam video. Selain itu, Wibbitz menyediakan beragam pilihan musik pendukung (background music) dan ukuran tampilan video. Format video yang relatif kompetibel memungkinkan video output Wibbitz dapat diakses dari berbagai piranti, termasuk smartphone dan tablet.

Google Drive Templates Gallery

Kemunculan Google Drive memungkinkan para penggunanya saling berbagi dokumen dengan orang lain. Ternyata, kelebihan Google Drive tidak hanya sebatas itu. Google Drive Templates Gallery menyediakan template untuk berbisnis dalam bentuk template faktur atau invoice, timcards, pelacak kemajuan sebuah proyek, dan lain sebagainya.

***
(ar)

Diterbitkan pada tanggal dan dibaca 3852 kali.

kontributor netpreneur indonesia

Langganan update terbaru


ARTIKEL INI DITULIS OLEH

INTERAKSI

ARTIKEL TERKINI