Pemasaran

Tips Agar Buyer Mau Memberikan Rekomendasi Produk di Toko Online

Dalam bisnis online, buyer menghadapi risiko pembelian. Buyer tidak dapat melihat dan memegang secara langsung produk yang akan ia beli. Tak heran jika banyak buyer sulit untuk percaya kepada seller, meskipun seller telah menunjukkan transparansi dalam menjalankan bisnis onlinenya. Tugas seller adalah menemukan cara meyakinkan buyer bahwa ia bertransaksi dengan orang yang terpercaya.

Kepercayaan terhadap seller dapat dibangun melalui rekomendasi atau review produk dari buyer yang pernah bertransaksi. Buyer memberikan komentar atau rekomendasi setelah membeli produk tertentu di toko online. Rekomendasi atau review ini dapat menjadi referensi bagi calon buyer lainnya yang hendak melakukan pembelian. Seperti ditulis dalam situs Volusion, ada beberapa cara yang bisa dilakukan seller agar buyer mau memberikan rekomendasi atau review setelah membeli suatu produk.

  • Sediakan sarana “leave comments” di toko online
  • Langkah pertama yaitu dengan menyediakan kolom atau ruang bagi buyer untuk memberikan testimonialnya tentang suatu produk. Sediakan sarana memberikan komentar di setiap gambar produk yang dijual di toko online. Dengan begitu, calon buyer yang hendak membeli produk tersebut bisa membaca rekomendasi dari buyer yang pernah membeli produk yang sama sebelumnya.

  • Dekati para pelanggan setia
  • Jika seorang buyer mendapatkan pengalaman baik berbelanja di sebuah toko online, dapat dipastikan ia akan selalu mengunjungi toko online yang sama di kemudian hari. Seller bisa melakukan pendekatan kepada para pelanggan setia ini agar mereka mau memberikan rekomendasi dan me-review produk yang baru dibelinya. Kirimkanlah kuesioner via surat elektronik yang berisi tanggapan atau opini mereka terhadap produk yang telah dibeli.

  • Sebarkan testimonial posifit melalui media sosial
  • Setiap kali ada buyer yang memberikan rekomendasi baik terhadap sebuah produk. seller bisa mempublikasikannya melalui media sosial. Dengan membaca testimonial positif melalui media sosial, calon buyer yang sebelumnya tidak mengetahui toko online yang dimiliki seller akan tertarik untuk memperoleh informasi lebih lanjut.

  • Berikan apresiasi
  • Penting bagi seller untuk memberikan apresiasi kepada buyer yang telah me-review atau menuliskan rekomendasinya terhadap sebuah produk. Apresiasi dapat seller berikan dalam berbagai bentuk, misalnya pemberian diskon, pemberian merchandise, atau pemberian ongkos kirim gratis jika buyer akan melakukan pembelian selanjutnya.

***
(ar)

Diterbitkan pada tanggal dan dibaca 2593 kali.

kontributor netpreneur indonesia

Langganan update terbaru


ARTIKEL INI DITULIS OLEH

INTERAKSI

ARTIKEL TERKINI