Tips & Trik

5 Cara untuk Membangun Loyalitas Pelanggan

Saat ini untuk melakukan sebuah penjualan kebanyakan lebih berkonsentrasi terhadap penjualan baru atau sekedar mengejar keuntungan yang lebih besar. Tapi belum tentu pelanggan akan bisa menjadi customer loyal. Menjaga bisnis Anda agar tetap berkembang adalah dengan cara membuat konsumen atau pelanggan menjadi loyal kepada kita.

loyalty_equation

Rahasia untuk menindaklanjuti bisnis agar terus berkembang salah satu caranya adalah dengan memberi kesan positif kepada pelanggan.

Contoh sederhana yang bisa Anda lakukan dengan mudah misalnya ketika Anda menelepon pelanggan untuk mengucapkan “terima kasih” dan cobalah untuk mencari tahu apakah konsumen senang dengan produk atau jasa Anda?

Selain itu, ada beberapa cara yang cukup efektif untuk menindaklanjuti dan bisa memastikan bahwa bisnis Anda akan selalu diingat oleh konsumen:

1.  Biarkan pelanggan tahu apa yang Anda lakukan untuk mereka.

Ini bisa dilakukan dalam bentuk pengiriman newsletter yang dikirimkan kepada pelanggan, atau bisa lebih informal, seperti panggilan telepon. Apapun metode yang Anda gunakan, kuncinya adalah untuk memberitahukan secara personal kepada pelanggan dan pastinya mereka akan lebih merasa dihargai dengan kita memberikan info-info terbaru tentang produk atau jasa kita. Jika Anda tidak pernah memberitahukan produk atau program promo yang Anda tawarkan mungkin konsumen tidak akan tahu.

2. Tetap perlakukan konsumen secara personal.

Meninggalkan pesan suara, email ataupun alat komunikasi lain yang tidak bisa menghubungkan kita secara langsung sepertinya akan membuat kedekatan kita dengan konsumen terlihat agak kurang. Cobalah untuk membangun hubungan yang baik secara personal dengan konsumen seperti misalnya Anda bisa  sesekali datang kekantornya atau tempat usaha mereka. Meski hanya sekedar untuk melihat-lihat aktifitasnya, namun dengan Anda berkunjung ketempat pelanggan mungkin saja Anda bisa belajar lebih dari kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh pelanggan Anda.

3. Mengingatkan Acara-acara special kepada Pelanggan

Kirim kartu ucapan ulang tahun kepada pelanggan, mengirim kartu ucapan perayaan hari besar, ataupun memberikan hadiah special kepada pelanggan adalah cara follow up yang sangat baik untuk membangun loyal konsumen.

4. Menyampaikan informasi.

Jika Anda kebetulan sedang membaca sebuah artikel, melihat sebuah buku baru, atau mendengar tentang sebuah organisasi yang pelanggan mungkin akan tertarik, buat sebuah pesan singkat kepada pelanggan agar informasi yang baru Anda dapatkan tersebut bisa segera sampai kepada mereka.

5. Layanan Pelanggan

Sebisa mungkin buatlah komunikasi Anda dengan pelanggan jauh lebih mudah. Jangan sampai ketika pelanggan Anda membutuhkan layanan after sales dari Anda namun kenyataannya Anda sangat sulit untuk dihubungi. Jika mungkin terlalu sibuk, Anda juga bisa menunjuk seorang customer service untuk membantu Anda menanggapi jika ada keluhan dari pelanggan. Respon cepat dan tanggap, akan membuat pelanggan menjadi lebih percaya bahwa perusahaan Anda benar-benar serius untuk melayani konsumen dengan baik.

Sumber gambar : http://rufblog.com

Diterbitkan pada tanggal dan dibaca 11696 kali.

kontributor netpreneur indonesia

Langganan update terbaru


ARTIKEL INI DITULIS OLEH

INTERAKSI

ARTIKEL TERKINI