Kisah Sukses

7 Kunci Sukses Berbisnis Steve Jobs

Steve Jobs, sang pendiri dan CEO Apple.Inc, sukses membangun bisnisnya hingga hampir sebagian besar orang di dunia memakai, atau setidaknya, mengenal produk serta teknologi yang ia buat. Mulai dari komputer, film, musik, hingga ponsel.

Steve Jobs, Sang CEO Apple,Inc.

Kemudian, Carmin Gallo, seorang communication coach, menjabarkan tujuh kunci sukses berinovasi yang ia dapatkan langsung dari Steve Jobs dalam bukunya yang berjudul “The Innovation Secrets of Steve Jobs”. Netpreneur bisa mengadopsi tujuh prinsip ini untuk menjalankan bisnis online Anda.

1)      Do what you love

Lakukan apa saja yang Anda suka. Steve Jobs pernah berkata, passion adalah segalanya. Menurut Steve Jobs, orang yang punya passion bisa mengubah dunia lebih baik dibandingkan yang lain. Bagaimana caranya? Ia menyarankan untuk mengambil pekerjaan apapun terlebih dahulu sampai seseorang menemukan di mana passion-nya.

2)      Put a dent in the universe

Jika passion adalah bahan bakar dari sebuah roket, maka pandangan yang visioner adalah yang mengarahkan roket tersebut ke tujuan akhir yang tepat. Ketika Steve Jobs dan Steve Wozniak bersama-sama mendirikan perusahaan Apple di tahun 1976, Steve memiliki keinginan yang visioner. Yakni, menaruh komputer di tangan setiap orang suatu hari.

3)      Make connections

Steve Jobs pernah mengatakan bahwa kreativitas adalah hasil dari sebuah koneksi. Artinya, kreativitas bisa muncul saat seseorang mencari inspirasi dari orang lain; saat seseorang terhubung dengan orang lainnya. Steve Jobs pernah mengikuti kelas kaligrafi, di mana Steve Jobs tak memerlukan kaligrafi dalam hidupnya. Sampai pada akhirnya, ia terinspirasi untuk membangun Macintosh.

4)      Sell dreams, not product

Pria yang meninggal dunia pada tanggal 5 Oktober 2011 ini bisa menangkap imajinasi orang kebanyakan karena ia sangat memahami pelanggannya. Ia tahu bahwa sebuah tablets tidak akan bisa masuk akal dan imajinasi manusia jika tablet itu terlalu sulit. Hasilnya? Satu tombol saja di ‘muka’ iPad. Steve Jobs juga percaya bahwa pelanggan tidak akan peduli dengan produk Anda. Mereka lebih peduli dengan diri, harapan, dan ambisi mereka. Jadi, apabila Anda membantu pelanggan Anda menggapai impian dan ambisinya, Anda akan berhasil.

5)      Say no to 1.000 things

Inovasi adalah mengeliminasi sesuatu yang tidak perlu sehingga hal-hal yang seseorang benar-benar perlukan bisa terus bersinar. Steve Jobs pernah berkomitmen untuk mengembangkan produk yang simpel. Ia menggarisbawahi pada komitmen. Pada tahun 1997, ketika Steve Jobs kembali ke perusahaan, ia mengurangi 350 produk menjadi 10 produk Apple yang ia fokuskan untuk bisa sukses.

6)      Create insanely great experiences

Steve Jobs juga memfokuskan diri pada pengalaman yang akan dialami pelanggannya ketika diberi layanan oleh perusahaannya. Ia tak mau produknya hanya menjadi boks yang dipindahkan dari toko Apple ke rumah pelanggannya. Sehingga, apapun yang pelanggan rasakan ketika pelanggan berjalan ke dalam toko Apple adalah dimaksudkan untuk memperkaya ‘rasa’ kehidupan seseorang dan memberikan kekuatan emosional antara seseorang dan merek Apple.

7)      Master the message

Netpreneur, jika Anda memiliki ide yang super, luar biasa, dan hebat tapi Anda tak bisa mengomunikasikan ide Anda, ide itu tidak akan berarti apa-apa. Steve Jobs adalah ‘pendongeng’ korporat terbaik. Jobs melakukan presentasi yang tak hanya menyampaikan pesan yang ia maksud, tetapi juga menginformasikan, mengedukasikan, menginspirasi, dan menghibur. Semua dalam satu kali presentasi.

***

(psr)

 

Sumber: Entrepreneur

Sumber gambar: flickr

Diterbitkan pada tanggal dan dibaca 4709 kali.

kontributor netpreneur indonesia

Langganan update terbaru


ARTIKEL INI DITULIS OLEH

INTERAKSI

ARTIKEL TERKINI