Biaya Nikah Sederhana 10 Juta, Begini Rincian dan Tipsnya!

Biaya nikah sederhana 10 juta menjadi opsi yang tepat bagi calon pengantin yang memiliki budget terbatas. Penasaran bagaimana rincian budget nikah 10 juta dan tips menghematnya? Simak artikel ini hingga selesai!

Rincian Biaya Nikah Sederhana 10 Juta

Setiap calon pengantin memiliki pesta pernikahan impian. Selain konsep mewah, beberapa calon pengantin juga memiliki impian untuk menyelenggarakan pernikahan sederhana dengan menyiapkan biaya nikah sederhana dibawah 10 juta. Berikut rincian biayanya:

1. Rincian Sewa Dekorasi untuk Acara Resepsi di Rumah

Memanfaatkan halaman rumah yang lapang sebagai tempat pernikahan adalah opsi yang tepat, ketimbang menyewa gedung untuk acara resepsi. Banyak pasangan pengantin yang menyelenggarakan acara resepsi di rumah, karena lebih hemat budget.

Ketika menyelenggarakan acara resepsi, jangan lupa untuk berkoordinasi dengan ketua RT, ketua RW, pemuda setempat, dan para tetangga. Apalagi jika menggunakan jalan umum.

Pilih dekorasi yang murah, tapi hasilnya tidak murahan. Saat ini sudah banyak wedding organizer yang kreatif membuat dekorasi sederhana, tapi terlihat elegan dan menarik.

Calon pengantin bisa menyiapkan budget sekitar Rp2.500.000,00 untuk dekorasi yang sudah lengkap dengan tenda dan sewa kursi.

2. Rincian Sewa Baju Pengantin

Berikutnya adalah menyewa baju pengantin di tempat yang lebih murah. Calon pengantin harus melakukan perbandingan harga antar tempat penyewa, agar bisa menemukan baju yang cocok dan murah.

Karena budget nikah 10 juta, prioritaskan pakaian calon mempelai dan kedua orang tua mempelai. Sebaiknya, tidak perlu memikirkan baju para bridesmaid, karena akan membuat pengeluaran semakin besar.

Solusi lain jika ingin terlihat kompak dengan sahabat dan kerabat adalah menentukan warna dresscode saat pesta pernikahan. Misalnya, semua sahabat dan kerabat terdekat memakai pakaian berwarna biru tosca.

BACA JUGA :  Asal Muasal Rasa Taro dan Manfaatnya!

Perkiraan harga sewa baju pengantin adalah sekitar Rp1.000.000,00 dengan maksimal 2 baju untuk calon mempelai beserta kedua orang tua.

3. Rincian Biaya Makeup

Selanjutnya adalah mencari MUA yang memasang harga terjangkau. Harga untuk biaya makeup paling standar adalah sekitar Rp500.000,00. Biasanya, harga tersebut sudah termasuk makeup mempelai perempuan dan kedua ibu mempelai.

Jika calon pengantin memiliki skill makeup yang bagus, maka hanya cukup mengeluarkan biaya untuk makeup kedua ibu mempelai saja. Artinya, biaya makeup akan jauh lebih murah.

4. Biaya Fotografer

Pernikahan merupakan momen sakral dan sangat bersejarah. Dibutuhkan fotografer yang handal untuk mengabadikan momen bersejarah satu ini. Setiap studio foto akan memasang tarif berbeda-beda, berdasarkan jumlah foto.

Biaya standar yang bisa dipersiapkan oleh calon pengantin adalah sekitar Rp1.500.000,00. Dari biaya tersebut, calon pengantin akan mendapatkan 2 album foto.

Beritahu fotografer untuk mengambil momen-momen penting saja, misalnya momen akad nikah, meminta restu kepada kedua orang tua, dan momen kedua mempelai di atas pelaminan.

5. Rincian Biaya Undangan

Menggelar pesta pernikahan tentu juga memerlukan undangan. Harga undangan saat ini sekitar Rp1.500,00 per undangan. Jika calon mempelai membutuhkan 100 undangan, maka biaya cetak undangan pernikahan sekitar Rp150.000,00.

Harga tersebut sudah tergolong murah, meski tampilan undangan sangat sederhana dan menggunakan kertas biasa. Namun, ini merupakan pilihan paling tepat, jika calon mempelai menginginkan biaya nikah sederhana 10 juta.

6. Biaya Makanan

Sajian makanan dalam acara pernikahan menjadi momen penting yang tidak boleh terlewatkan. Usahakan hidangan pernikahan cukup untuk para tamu undangan. Agar tidak kurang, sajikan hidangan lebih banyak dari jumlah tamu undangan.

Misalnya, tamu undangan sebanyak 100 orang. Buatlah hidangan sekitar 500, yaitu bakso 250 porsi dan soto 250 porsi. Estimasi harga satu porsi bakso dan soto adalah Rp5.000,00

BACA JUGA :  Jenis Penghasilan Tidak Kena Pajak Tahun 2023 dan Perhitungannya

Kemudian, sajikan dua jenis kue seharga Rp2.000,00 yang jumlahnya 500 biji. Sedangkan untuk air minum, sediakan 10 dus air mineral yang harganya mencapai Rp250.000,00. Total dari biaya makanan di atas adalah Rp3.750.000,00.

Jumlah keseluruhan dari rincian biaya pernikahan di atas sebesar Rp9.400.000,00. Karena biaya nikah 10 juta, maka tersisa Rp600.000,00 yang bisa digunakan untuk membayar MC dan penghulu.

Tips Menghemat Biaya Nikah Sederhana

Merencanakan biaya pernikahan tidak boleh sembarangan. Agar budget 10 juta tepat sasaran, ada beberapa tips menghemat biaya nikah untuk para calon pengantin. Tips tersebut, antara lain:

1. Buat Rincian Biaya Nikah Sederhana 10 Juta

Tips pertama adalah membuat anggaran secara rinci. Tujuannya agar masing-masing kebutuhan dalam pernikahan bisa terpenuhi dan tidak melebihi budget.

Calon pengantin bisa menulis alokasi biaya, mulai dari alokasi untuk sewa tenda, dekorasi, sewa baju pengantin, makeup, undangan, hingga biaya untuk makanan di pesta pernikahan nanti.

2. Tentukan Jumlah Tamu Undangan

Jumlah tamu undangan menentukan kapasitas tenda, jumlah kursi, dan tentu saja porsi makanan. Maka dari itu, calon pengantin harus menentukan jumlah tamu undangan, agar pengeluaran tidak membengkak.

Calon pengantin bisa menggelar pesta pernikahan private yang hanya dihadiri oleh kerabat dan teman terdekat saja. Biasanya, jumlah tamu undangan paling banyak untuk pesta private adalah 100 orang.

Pernikahan yang private juga akan lebih terasa intim dan hangat. Acara ini akan mempererat hubungan keluarga dan teman-teman kedua mempelai.

Tips lainnya yang berkaitan dengan tamu undangan adalah menggunakan undangan berbentuk digital, agar lebih hemat. Saat ini undangan digital sudah cukup populer dan lebih menarik.

Bahkan, calon pengantin juga bisa membuat undangan digital melalui platform gratis. Tentu hal ini akan menghemat biaya pernikahan.

BACA JUGA :  Tramadol, Termasuk Narkotika atau Psikotropika?

3. Hindari Pengeluaran yang Tidak Penting

Setiap calon pengantin mendambakan pernikahan yang sempurna. Sayangnya, demi mewujudkan kesempurnaan tersebut, calon pengantin harus mengeluarkan biaya yang sifatnya tidak terlalu penting.

Misalnya, biaya seragam keluarga dan bridesmaid yang bisa diganti dengan warna dress code saja, karena lebih hemat. Kemudian, pemilihan souvenir yang berlebihan dan tidak sesuai dengan konsep pesta pernikahan yang sederhana.

4. Manfaatkan Relasi

Terakhir, memanfaatkan relasi pertemanan untuk mewujudkan pernikahan yang berkesan, tapi dengan budget 10 juta.

Relasi yang memiliki keahlian di bidang wedding organizer, fotografi, makeup, dan memiliki bisnis katering, sangat membantu calon pengantin untuk menghemat biaya pengeluaran.

Meski mereka termasuk relasi, usahakan membayarnya sesuai dengan kesepakatan, agar tidak terjadi perselisihan. Jika tidak memiliki relasi yang mahir dalam bidang-bidang tersebut, calon pengantin bisa meminta saran dari keluarga atau teman terdekat yang memiliki relasi dengan WO, MUA, dan fotografer.

Sedangkan untuk katering, bisa digantikan dengan memasak makanan sendiri di rumah bersama keluarga.

Sudah Tahu Bagaimana Rincian Biaya Nikah Sederhana 10 Juta?

Pernikahan adalah momen yang sangat sakral. Meski hanya sederhana, calon pengantin bisa mewujudkan pernikahan yang sempurna. Agar tidak melebihi budget, calon pengantin harus cermat membagi alokasi biaya nikah sesuai dengan kebutuhan.

Itulah rangkuman lengkap tentang biaya nikah sederhana 10 juta yang bisa menjadi inspirasi bagi para calon pengantin.