7+ Ide Kreatif Bisnis Online untuk Pelajar Minim Modal, Pasti Cuan

Bagi sebagian pelajar, memiliki penghasilan tambahan menjadi hal yang penting. Jika kamu sedang mengalami kondisi tersebut, artikel ini menyajikan 7 ide kreatif bisnis online untuk pelajar yang minim modal dan fleksibel.

Dengan memulai bisnis ini, kamu bisa mendapatkan penghasilan sendiri, tanpa harus mengorbankan waktu belajarmu. Yuk, cari tahu sekarang juga!

7 Ide Kreatif Bisnis Online untuk Pelajar

Berikut adalah 7 ide bisnis online yang cocok untuk pelajar yang bisa kamu pertimbangkan, yaitu:

1. Reseller Produk Skincare

ide bisnis online

Jika kamu suka merawat diri dan memiliki pengetahuan tentang produk skincare, cobalah menjadi reseller produk kecantikan. Pasalnya, belakangan ini industri kecantikan sedang populer di kalangan masyarakat.

Berdasarkan data dari databoks, industri kecantikan di Indonesia tumbuh sekitar 5,59 % pada tahun 2021. Artinya, peminat skincare terus mengalami kenaikan. Kondisi ini membuat kamu bisa ikut serta di dalamnya untuk meraih keuntungan.

Kamu bisa menjual produk-produk skincare populer melalui platform online, seperti Instagram, TikTok, atau Facebook. Pastikan kamu mengetahui merek skincare terlaris, misalnya Scarlet, Vitaline, Nivea, dan lain sebagainya, sehingga bisa menghasilkan cuan.

Selain itu, dalam menjual produk skincare kamu perlu kreatif tidak hanya sekedar jualan.

Sebagai contoh, kamu bisa membuat konten di media sosial mengenai tips dan trik kecantikan. Kemudian, barulah mengarahkan audiens kepada produk yang akan kamu jual.

Dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan keuntungan dari setiap penjualan dan mengembangkan jejaring di dunia kecantikan.

2. Content Creator

ide bisnis online

Berikutnya, kamu bisa menjajal bisnis online sebagai content creator. Bisnis ini cocok bagi yang kamu tertarik dengan bidang konten kreatif.

Menurut Famous Allstars, sebuah platform influencer marketing, nilai pasar industri content creator di Indonesia dapat mencapai Rp4 triliun hingga Rp7 triliun di tahun 2027.

BACA JUGA :  6+ Cara Menjadi Importir yang Bisa Menjadi Opsi Usaha Menjanjikan

Selain itu, berdasarkan penelitian Larasati dkk (2021) adanya strategi promosi yang dilakukan oleh content creator terbukti mampu mempengaruhi efektivitas penjualan suatu produk sebesar 48,1%. Kesempatan ini menjadi peluang bagi kamu untuk mendapatkan cuan.

Nah, kamu bisa membuat konten yang menarik di platform seperti YouTube, TikTok, atau Instagram. Mulailah dengan topik yang kamu sukai, seperti vlog, tutorial, atau review produk.

Di samping itu, pastikan kamu menyasar target audiens secara spesifik. Misalnya, content creator yang khusus membahas drama korea, fashion, atau memasak. Lalu mengemas konten dengan menarik dan sesuai tren.

Selain mendapatkan penghasilan dari iklan atau endorsement, kamu juga bisa menginspirasi dan menghibur orang lain.

3. Join Affiliate Marketing

ide bisnis online

Bisnis online tanpa modal untuk pelajar selanjutnya adalah bergabung dengan affiliate marketing. Secara sederhana, affiliate marketing merupakan kegiatan mempromosikan produk dari brand, kemudian kamu akan mendapatkan komisi apabila produk tersebut terjual.

Kamu dapat bergabung dengan program afiliasi dari toko online, perusahaan, ataupun marketplace seperti Shopee dan Tokopedia. Berdasarkan penelitian Aldhama (2022), affiliate marketing mampu mempengaruhi impulse buying konsumen secara signifikan.

Bagi pihak penyelenggara program affiliate marketing, tentu kondisi ini menguntungkan. Sementara bagi kamu, itu juga menguntungkan, karena artinya calon pembeli membutuhkan rekomendasi atau review dari orang lain sebelum membeli produk.

Kamu perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu pada program affiliate yang dipilih. Setelah bergabung, kamu akan mendapatkan tautan unik yang bisa kamu bagikan ke teman-teman atau di media sosialmu.

Jika ada orang yang membeli produk melalui tautan tersebut, kamu akan mendapatkan komisi. Cukup menguntungkan, bukan?

4. Jasa Penulis Konten

ide bisnis online

Bagi kamu yang suka menulis, menjadi seorang penulis konten adalah pilihan yang bagus. Banyak perusahaan atau website yang membutuhkan konten berkualitas untuk meningkatkan kehadiran mereka di dunia online.

BACA JUGA :  Istilah Old Money dan Siapa Saja yang Menyandangnya

Pasalnya, menurut penelitian, salah satunya Akhsin (2022), menunjukkan bahwa copywriting dan visual konten yang berkualitas dapat berpengaruh pada minat beli konsumen, terutama pada pengguna Instagram.

Maka dari itu, tidak mengherankan jika posisi ini semakin banyak dicari. Nah, kamu bisa menawarkan jasa penulis konten, seperti menulis artikel, copywriting, ulasan produk, atau blog post.

Selain mengasah kemampuan menulismu, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

5. Jualan Produk Kreatif DIY

ide bisnis onlie

Kamu tidak pandai menulis? Eits, tenang saja, karena masih ada ide bisnis online untuk pelajar lainnya, yaitu menjual produk kerajinan tangan atau produk kreatif.

Faktanya, bisnis online ini tetap mendatangkan keuntungan. Sebagai contoh, meski hanya sebagai pekerjaan sampingan, para pengrajin kerajinan bambu di Desa Pakem Gebang mengaku pendapatannya tersebut mampu memberikan efek positif untuk mencukupi kebutuhan.

Dengan demikian, tidak ada salahnya kamu mencobanya. Pasalnya, jualan produk DIY bisa menjadi pilihan bisnis online yang menguntungkan.

Buat produk unik dan menarik, seperti aksesoris, karya seni, atau dekorasi rumah. Lalu, jual melalui platform online seperti Shopee atau bisa juga lewat media sosial. Jika produk yang kamu jual memiliki keunikan, orang-orang akan senang membelinya, karena produk handmade tersebut kreatif dan berbeda.

6. Jualan Produk Digital

ide bisnis online

Selain produk fisik, kamu juga bisa menjual produk digital. Misalnya, kamu bisa membuat template desain grafis seperti template undangan digital, brosur, flyer, font, logo, atau ebook.

Di era digital, orang-orang cenderung lebih menginginkan sesuatu hal yang cepat, namun tepat. Sehingga, permintaan terhadap template undangan online terus mengalami peningkatan.

Selain itu, desain logo sebuah brand sangat mempengaruhi citra brand itu sendiri. Sehingga, jasa pembuatan logo juga sering dicari oleh pebisnis termasuk para pelaku UMKM.

BACA JUGA :  Agen Sewa Bus Pariwisata di Metro Lampung Terpercaya

Bahkan, menurut penelitian Ainun dkk (2023) logo memiliki peran penting dalam branding UMKM. Jika kamu menjual atau menawarkan jasa ini, tentu menjadi peluang yang menguntungkan.

Lebih dari itu, produk digital tidak memerlukan biaya produksi atau pengiriman fisik, sehingga kamu bisa mendapatkan keuntungan lebih besar serta tidak menyita waktu sekolahmu.

7. Dropshipping

ide bisnis online

Bisnis online tanpa modal untuk pelajar terakhir adalah sebagai dropshipper. Dropshipping adalah cara bisnis online dengan menjual produk tanpa harus menyimpan stok barang atau mengirimnya sendiri.

Kamu hanya perlu menghubungkan pembeli dengan pemasok atau produsen yang akan mengurus pengiriman produk. Kamu bisa membuat toko online sendiri atau menggunakan platform dropshipping yang sudah ada.

Ada berbagai pilihan produk yang bisa kamu jual. Mulai dari fashion, skincare, alat masak, furniture, hingga alat perlengkapan olahraga.

Kamu bisa menentukan jenis produk yang ingin dijual terlebih dahulu. Kemudian, pastikan untuk melakukan promosi sesuai dengan target pasar. Dengan begitu, produk akan terjual.

Sebagai contoh, kamu ingin menjual produk skincare dari Korea. Maka, target audiensnya harus jelas. Selain itu, pendekatan promosinya juga harus tepat.

Berdasarkan penelitian Maspiyah(2021), skincare Korea paling banyak diminati oleh remaja putri. Dengan demikian, strategi promosi yang bisa kamu lakukan misalnya dengan membuat konten make up sederhana untuk sekolah.

Kamu Siap Memulai Bisnis Online Sekarang?

Itulah 7 ide kreatif bisnis online untuk pelajar minim modal, tetapi berpotensi menghasilkan keuntungan. Dalam menentukan bisnis online, pastikan sesuai dengan kapasitas sebagai pelajar.

Selain itu, tetap mengatur waktu serta keseimbangan antara bisnis dan pendidikanmu. Selalu berusahalah belajar dan berkembang dalam bisnis yang kamu jalani. Selamat mencoba dan semoga sukses, ya!