Tips Cara Reset HP Samsung Yang Terkunci Semua Type 2024

Cara Reset HP Samsung Yang Terkunci – Salah satu tantangan umum yang dihadapi oleh pengguna smartphone Samsung adalah ketika perangkat mereka terkunci dan mereka perlu meresetnya.

Proses reset dapat menjadi solusi yang efektif, meskipun ada beberapa cara untuk membuka HP Samsung yang terkunci tanpa perlu meresetnya. Mari kita jelajahi langkah-langkahnya, termasuk solusi menggunakan fitur Find My Mobile.

Menggunakan Find My Mobile untuk Buka Kunci Samsung

Sebelum mereset, coba pertimbangkan opsi untuk membuka kunci menggunakan fitur Find My Mobile yang disediakan oleh Samsung. Caranya cukup mudah:

  • Kunjungi findmymobile.samsung.com.
  • Login dengan akun Samsung yang terhubung ke perangkat.
  • Gunakan fitur Unlock untuk membuka kunci dengan lupa kode atau sandi.
  • Sayangnya, tidak semua pengguna mengaktifkan Find My Mobile, dan tanpa login akun
  • Samsung, fitur ini tidak dapat digunakan.

Cara Reset HP Samsung yang Terkunci

Jika Anda tidak dapat menggunakan Find My Mobile, proses reset menjadi pilihan utama. Meskipun perangkat Anda mungkin dalam keadaan terkunci, Anda masih dapat meresetnya menggunakan Android Recovery. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Matikan smartphone atau gunakan tombol kombinasi Volume Bawah dan Power untuk restart paksa.
  2. Tekan bersamaan tombol Volume Atas dan Tombol Power setelah perangkat dimatikan.
  3. Lepaskan tombol saat logo Samsung Galaxy muncul.
  4. Pilih menu “Wipe Data/Factory Reset” menggunakan tombol volume, lalu tekan tombol
  5. Power untuk konfirmasi.
  6. Pilih “Yes” dan tekan tombol Power lagi.
  7. Setelah itu, pilih “Reboot System Now” dan tunggu proses selesai.

Perlu dicatat bahwa tampilan Android Recovery dapat bervariasi antar model Samsung. Namun, intinya adalah untuk memilih opsi Factory Data Reset atau Wipe Data.

BACA JUGA :  5 Langkah Cara Menghilangkan Iklan di HP Realme Terbaik

Reset pada Tipe-Tipe HP Samsung Berbeda

Tipe HP Samsung yang berbeda mungkin memiliki cara yang sedikit berbeda untuk masuk ke Android System Recovery.

Sebagai contoh, pada Samsung J2 Prime atau tipe-tipe lain yang masih memiliki tombol fisik home, cara masuknya adalah dengan menekan tombol Power + Home + Volume Atas.

Setelah proses reset selesai, pengaturan perangkat akan kembali ke pengaturan pabrik, dan semua data akan terhapus, kecuali yang tersimpan di memori eksternal.

Pentingnya Memasukkan Akun Google Setelah Reset

Setelah reset, Anda perlu memasukkan akun Google yang sebelumnya terhubung ke perangkat. Pastikan akun Google yang dimasukkan benar; jika tidak, perangkat tidak akan dapat diakses.

Memasukkan akun Google setelah reset adalah bagian dari sistem keamanan perangkat, mencegah orang lain meresetnya tanpa izin. Namun, ini juga bisa menjadi kendala jika Anda lupa akun Google yang terkait.

Penutup

Mereset HP Samsung yang terkunci dapat menjadi solusi efektif, tetapi selalu pertimbangkan opsi membuka kunci melalui Find My Mobile terlebih dahulu.

Pastikan untuk mengaktifkan fitur keamanan ini dan login akun Samsung Anda untuk pengalaman yang lebih baik. Jika semua upaya gagal, langkah-langkah reset manual tetap menjadi pilihan terakhir yang dapat diandalkan.

Ingatlah bahwa proses reset akan menghapus semua data, jadi pastikan untuk mencadangkan informasi penting sebelum memulai proses ini.

Semoga panduan ini membantu Anda mengatasi masalah HP Samsung yang terkunci. Jangan lupa untuk menjelajahi artikel kami lainnya, termasuk “Cara Mengatasi HP Restart Sendiri” untuk informasi yang lebih bermanfaat.