Waspada! Google Akan Hapus Gmail Mulai Akhir Tahun 2023, Cek Disini!

Google Akan Hapus Gmail – Hai sobat netpreneur kembali lagi di web kesayangan kalian, Netpreneur.co.id Portal Netpreneur Indonesia. Beberapa jam lalu ada suatu notifikasi yang dimana berasal dari google.

Dimana notifikasi tersebut dikirimkan melalui gmail kita masing-masing yang dimana isi dari gmail tersebut sesuai dengan judul artikel ini. Nah kebetulan kabar ini masih hangat dan masih banyak sekali pertanyaan yang berkeliaran.

Maka saya akan sedikit membahasnya dengan bahasa yang insyallah mudah dipahami oleh sobat netpreneur semuanya.

Apa itu Gmail

Dilansir dari Wikipedia, Gmail merupakan sebuah surat elektronik yang pemiliknya adalah Google. Untuk mengakses gmail ini dapat melalui web jika menggunakan browser dan dapat melalui aplikasi jika menggunakan hp.

Pada tahun 2007 gmail masih digadang sebagai surat elektronik berbentuk beta dan ditetapkan secara permanen pada tahun 2009.

Fungsi Gmail

Ada beberapa fungsi penggunaan gmail diantaranya sebagai berikut :

  1. Dapat digunakan untuk membuat dan mengirim email
  2. Dapat memudahkan kita ketika akan mengorganisasi pesan masuk
  3. Dapat juga menemukan email
  4. Dapat membuat tanda-tangan dengan mudah
  5. Dapat membuka Google Kalender lebih cepat
  6. Dapat memulai video meeting dengan mudah dan cepat
  7. Dapat melakukan Chat langsung di Gmail antar pengguna

Kelebihan dan Kekurangan Gmail

Selain memiliki beberapa fungsi yang dapat kita manafaatkan dalam menggunakan gmail. Ada juga beberapa kelebihan dan kekurangannya. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Kelebihan Gmail

    • Memiliki banyak fitur yang lengkap dan user friendly
    • Memiliki fitur pencarian gmail yang keren
    • Memiliki fitur untuk memfilter pesan pada gmail
  • Kekurangan Gmail

    • Akses dapat dilakukan secara ONLINE sehingga membutuhkan Internet
    • Sulit untuk mendapatkan nama pengguna ketika membuat gmail baru

Apakah Kamu Sudah Mendapatkan Notifikasi Gmail..?

google akan hapus gmail

Beberapa jam yang lalu saya mendapatkan notifikasi kiriman email dari google. Ternyata setelah saya baca – baca dan dilihat ada sebuah informasi penting yang mana sangatlah mengejutkan.

BACA JUGA :  Keunggulan dan Risiko Teknologi Kecerdasan Buatan dalam Industri

Pasti sobat netpreneur juga sudah mendapatkan kiriman email dari google ini bukan?. Nah setelah saya baca dan kemudian saya cek digoogle ternyata benar.

Sebuah informasi yang disampaikan dari email tersebut adalah pengumuman penghapusan akun gmail oleh google yang akan dilakukan pada akhir tahun 2023 ini. Sehingga saya pun kaget dan sedikit khawatir karna banyak gmail yang saat ini saya kelola.

Tapi menurut saya juga sobat netpreneur juga pasti kaget dengan adanya informasi ini. Disini juga saya sedikit mengulas untuk akun Gmail yang akan dihapus google yakni akun yang tidak pernah Login/Sign In dengan kurun waktu 2 Tahun.

Nah hayoooo… Gimana sobat netpreneur apakah ada akun yang jarang login bahkan tidak pernah login sama sekali? Coba cek sekarang jangan sampai akun gmail kamu lenyap ditelan bumi wkwkwkk

Paling ngerinya lagi ternyata bukan hanya akun gmail saja yang akan dihapus tetapi include dengan platform nya juga. Yakni seperti ; Google Meet, Google Calender, Google Document, Google Photos, bahkan hingga Youtube.

Waahhh ngeri banget ya, bagi kamu yang suka simpen-simpen data di google buruan langsung login dan selamatkan datanya.  Tapi tenang sebelum google melakukan penghapusan mereka akan mengirimkan notifikasi terlebih dahulu.

Sobat netpreneur jangan khawatir disini kami akan memberikan 4 hal yang akan hilang jika akun gmail dihapus, diantaranya sebagai berikut ;

1. File Yang Ada di Google Drive

Ternyata ketika google akan hapus gmail yang tidak aktif dalam 2 tahun yang pertama akan berpengaruh pada file yang tersimpan di Google Drive. Semua file yang sudah tersimpan akan hilang selama – lamanya.

Maka langkah yang paling efektif adalah dengan mendownload semua file yang sudah terupload dan kemudian unggah ke akun google drive yang aktif. Sehingga semua file di google drive yang tidak aktif gmailnya akan aman.

BACA JUGA :  Tips Cara Reset HP Samsung Yang Terkunci Semua Type 2024

2. Akun Layanan Akan Hilang dan Tidak bisa Login Kembali

Nomor dua adalah penghapusan akun gmail oleh google juga berpengaruh dengan layanan Single Sign On. Dengan contoh kamu yang suka memiliki akun Netflix atau Spotify dengan menggunakan akun lama.

Maka google akan menghilangkan akses pada layanan-layanan tersebut. Sehingga tips supaya akun layanan menggunakan gmail lama tidak lenyap kamu perlu aktif setiap saat.

3. Foto-Foto Akan Hilang Yang Tersimpan di Google Photos

Nah selanjutnya apabila sobat netpreneur suka menggunakan Cloud penyimpanan foto dan video di google photos. Segera untuk mengamankan foto-foto dan video-video sobat semuanya, karena ketika google akan hapus akun gmail.

File-File yang ada di Google photos akan terhapus selama-lamanya dan tidak akan bisa diakses kembali. Langkah untuk menghindari hal tersebut adalah dengan mendownload nya dan memidahkan ke Hardiisk atau google cloud lainnya yang aktif.

4. Tidak Dapat Melakukan Kirim Pesan ke Gmail Lama

Dampak yang terkahir adalah kirim pesan ke akun gmail lama akan gagal atau tidak bisa mengirim pesan ataupun menerima pesan. Sehingga apabila ada informasi pesan gmail yang penting kita tidak akan menerima nya di akun gmail lama.

Ada 6 Tips Cara Untuk Menghindari Penghapusan Akun Gmail, Apa Saja…?

Sebenarnya untuk menghindari penghapusan akun gmail oleh google sangatlah mudah. Kamu bisa login ke akun gmail lama mu 2 tahun sekali atau kalo bisa lebih.

Kemudian kamu juga bisa melakukan pemeriksaan dan pembaruan pada keamanan serta privasi secara berkala pada gmail mu. Sehingga akun gmail lama mu yang menyimpan banyak rahasia akan terselamatkan, heheheee

Nah selain itu ada beberapa tips nih yang dapat sobat netpreneur lakukan, diantaranya :

  1. Menggunakan akun gmail lama kamu untuk mengirim pesan dan membaca pesan gmail
  2. Menggunakan akun gmail untuk google drive
  3. Mnggunakan akun gmail lama mu untuk menonton atau mendownload video di youtube
  4. Menggunakan akun gmail kamu untuk mendownload aplikasi yang ada di Playstore
  5. Menggunakan akun gmail kamu untuk melakukan browsing di google
  6. Menggunakan akun gmail lama mu untuk mendaftar di aplikasi-aplikasi
BACA JUGA :  Panduan Lengkap: Cara Daftar SIM Online Gratis Dengan Mudah

Untuk intinya adalah dalam menghindari penghapusan akun gmail oleh google kamu perlu memberikan aktifitas di akun gmail lama.

Penutup

Wah ternyata tidak terasa penjelasan soal google akan hapus gmail di akhir tahun 2023 ini sudah selesai. Mungkin itu tadi yang dapat saya sampaikan kepada sobat-sobat netpreneur semuanya.

Semoga dapat memberikan manfaat dan informasi yang bisa diterima dengan baik. Sekian dari saya, salam sukses..